Hidup adalah Perjuangan, berhenti berjuang sama dengan berhenti hidup.WordPress.com weblog

Dengan Taqwa Ada jalan Keluar Rezeki Dicukupkan

Setiap orang yang mengendaki kesuksesan dalam dunia usaha atau ibadah, haruslah dengan  niat yang baik dan usaha yang sungguh-sungguh serta jangan dilupakan di akhir kesungguhan tersebut perlu selalu bertawakkal kepada Allah SWT yaitu menyerahkan hasilnya hanya kepada Allah SWT karena Dialah yang menentukan semuanya. Sebagaimana Firman Allah SWT yang berbunyi :
فاذا عزمت فتوكل على الله
“Apabila kamu bersungguh-sungguh akan melakukan sesuatu, maka berta-wakkallah (berserahlah) kepada Allah”.
Tawakkal hendaknya dilakukan pada tiap-tiap usaha atau melaksanakan ibadah dengan didasari keyakinan bahwa Allah SWT yang menentukan bagaimana akhir dari usahanya nanti. Dan tawakkal adalah sebagai kendali yang dapat mengendalikan perasaan manusia agar tidak sampai menyombongkan diri bila usaha-nya telah sukses dan dengan tawakkal dapat mensyukuri atas nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. Sebaliknya orang yang bertawakkal kepada Allah SWT dan tidak mendapat kesuksesan mungkin ada hikmah lain yang diberikan Allah SWT yang tidak diketahuinya dan mungkin bahkan bisa digantikan olehNya yang lebih baik dan bahkan lebih halal dari apa yang dikehen-dakinya yang pertama.IMG_20141201_00151630

Dengan menyakini bahwa manusia berusaha dan Allah SWT lah yang menentukan berhasil tidaknya usaha atau ibadah tersebut, maka manusia tidaklah perlu kecewa dan putus asa untuk berusaha atau beribadah. Allah SWT telah menjanjikan kepada kita semua barang siapa bertakwa kepadaNya akan diberikan jalan keluar dan bahkan rezeki yang tidak disangka-sangka serta perlu bertawakkal kepadaNya. Firman Allah yang artinya:

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah me-laksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.     (QS. At Thalaq : 2-3)

Dari ayat al-Quran di atas, jelaslah bahwa apabila kita bertaqwa kepada Allah SWT maka kita dijamin akan diberikan jalan keluar dan rezeki dan dengan bertawakkal kepadaNya keperluan kita akan dicukupkan-Nya, Insya-Allah.
Makna Taqwa secara umum menurut syara’ adalah menjaga dan memelihara diri dari siksa dan murka Allah dengan jalan melaksanakan perintah-perintah-Nya serta menjauhi semua larangan-laranga-Nya, menjauhi semua kemaksiatan dan taat kepada Allah SWT. Sebagaimana dengan firman Allah berkenaan dengan taqwa tersebut di atas yaitu:  Artinya “Sesungguhnya orang-orang yang paling mulia di antara kamu sekalian di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa.
Taqwa itu adalah membentengi diri dari siksa Allah SWT. dengan jalan taat kepada-Nya, (menurut pendapat dari para ahli tashawwuf, sedangkan menurut pendapat ahli Fuqaha (ahli fiqih) Taqwa itu berarti menjaga diri dari segala sesuatu yang dapat melibatkan diri kepada perbuatan dosa.
Apakah ada untungnya bagi orang yang bertaqwa? Kalau dilihat salah satu kriteria orang yang bertaqwa, secara logika banyak untungnya. Misalnya, criteria orang bertaqwa itu adalah berbuat kebajikan. Bagi orang yang berbuat baik atau berbuat kebajikan, tentunya mereka melakukan sesuatu pasti dengan baik. Mereka belajar dengan baik, berusaha dengan baik, berjualan dengan baik, berdagang dengan baik dan lain sebagainya, pasti akan membuahkan kebaikan salah satunya dapat mendatangkan rezeki yang  luas dan tanpa disangka-sangkanya.
Sebagaimana janji Allah dalam al-Qur’an bagi orang-orang yang bertaqwa? Apakah Allah menepati janji-Nya? Pasti Allah tidak akan pernah melanggar janjinya. Janji Allah terhadap orang yang bertaqwa dapat disimak dalam al-Qur’an adalah sebagai berikut yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Alla, maka kami akan memberikan kepadamu Furqan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS. Al-Anfaal (8) ayat 29.”
Diberikan Furqaan artinya orang yang bertaqwa itu dapat membedakan yang baik dan yang buruk; yang haq dan yang batil. Orang yang beriman dan bertawa itu pasti tidak mengalami kekuatiran dan kesedihan, karena yang dilakukan orang bertaqwa itu selalu menghasilkan atau membuahkan kebaikan dan keuntungan.
Sungguh sangat luar biasa bahwa orang-orang bertaqwa itu diberikan solusi atau jalan keluar dan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Bagaimana tidak? Mereka berbuat kebaikan dimana-mana, memberikan infak dimana-mana dan selalu mudah member maaf kepada siapapun. Alangkah sangat indahnya wajah orang yang benar-benar menjalankan ajaran Islam dengan Kaffah. Mereka pasti diberikan pertolongan dimana-mana karena kebaikan mereka. Siapa menebar kebaikan pasti akan menuai kebaikan pula.
Dan yang paling luar biasa bagi orang yang bertaqwa adalah tempatnya adalah jannah dan sungai-sungai yang merupakan tempat yang disenangi nanti setelah kembali di sisi Allah Tuhan yang berkuasa. Sebagaimana dalam firman Allah SWT yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu  di dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa. (QS. Al-Qamar ayat 54-55).
Sungguh, tidakkah kita berusaha untuk mencapai tingkat taqwa sehingga Allah memudahkan jalan keluar, rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya dan sehingga tidak ada kekuatiran dan kesedihan ? Marilah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa.

Akhirnya mudah-mudahan kita selalu dikuatkan oleh Allah SWT keimanan kita, diberikanNya Kesehatan Jasmani dan Ruhani kita dan diberikannya ilmu yang bermanfaat bagi diri kita dan menjadikan kita semua sebagai orang yang paling bertaqwa disisiNya. Dan mudah-mudahan dengan itu kita mendapat kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Amin Yarraba’alamiin…..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: